Ads
Trending

Obat Herbal Alami Cina Meningkatkan Imunitas Tubuh, Bisa?

Epidemi Covid-19 atau lebih dikenal dengan Virus Corona sampai saat ini masih cenderung naik. Menurut data World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia, kasus pasien yang terjangkit virus ini sampai 19 September 2020 mencapai 30,8 juta jiwa, penderita yang sembuh 21 juta jiwa, dan korban yang meninggal hampir mencapai 1 juta orang.

tabel grafik kasus baru corona di dunia tahun 2020
Sumber: WHO & Wikipedia

Demikian pula di Indonesia, kasus pasien yang terjangkit Covid-19 mencapai 241 ribu orang dengan pasien yang sembuh 174 ribu dan korban yang meninggal mencapai 9,4 ribu orang.

tabel grafik kasus baru corona di indonesia tahun 2020
Sumber: WHO & Wikipedia

Hal ini tentunya menjadi pelajaran berharga bahwa kesehatan menjadi concern bersama agar wabah virus dari Wuhan, Cina ini dapat ditanggulangi sehingga masyarakat dapat kembali hidup dengan normal.

Para ilmuwan berusaha menemukan vaksin penangkal atau antivirusnya, di satu sisi lain untuk mengurangi dan meminimalisir penyebaran, pemerintah di seluruh dunia menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Cara Penularan

WHO mengkonfirmasi penularan virus ini melalui udara akibat aerosol virus yang diperkirakan dapat bertahan di udara lebih lama. Seperti virus dari orang yang terinfeksi kemudian bersin atau batuk, maka partikel-partikel virus yang berdiameter 125 nanometer atau 0,125 mikrometer tersebut akan menyebar melalui mulut atau hidung.

Sebaran virus ini mengenai permukaan kemudian disentuh oleh orang yang sehat serta dihirup oleh orang sehat yang berdekatan dengan seseorang yang telah terinfeksi virus corona.

Virus kemudian masuk melalui jalur pernafasan dan membran mukus di bagian belakang tenggorokan dan menempel pada sebuah reseptor di dalam sel. Di tempat inilah virus Corona mulai mentransfer sifat genetik virus kemudian membajak metabolisme sel dan membuat sel tidak bisa lagi berkembang secara pesat.

Gejala Umum

Pada umunya gejala virus yang muncul berupa demam, batuk, sesak nafas. Sekilas seperti tanda penyakit flu, salesma, atau infeksi saluran tenggorokan. Namun, pada sebagian kasus terjadi juga suspek yang terkena virus Covid-19 tanpa menunjukan gejala terlebih dahulu (OTG).

cara pencegahan virus corona
Sumber: PMI
Efek Virus Corona Pada Tubuh

Hasil penelitian menunjukan bahwa infeksi yang diakibatkan virus ini bisa menyebar melalui membran mukus, dari hidung hingga ke anus. Selain menyerang bagian paru-paru, virus Covid-19 dapat merusak jantung, ginjal, hati, organ sum-sum tulang belakang, dan pembuluh darah kapiler.

Di saat sistem imunitas (daya tahan) tubuh tengah berperang keras melawan virus, organ-organ tubuh dapat mengalami kegagalan fungsi. Akibatnya, penderita bisa mengalami kerusakan organ tubuh tidak hanya karena virus, tetapi juga karena sistem imunitas badan mereka menyerang sel-sel tubuh yang sehat saat peperangan berlangsung.

Oleh karena itu, sistem imunitas atau daya tahan tubuh sangat penting bagi penderita atau orang yang tidak terkena virus ini karena dari kasus penderita Covid-19, 80% hanya mengalami gejala yang cukup ringan. Namun, sisanya mengalami gejala yang sangat serius.

Hal ini tergantung seberapa kuatnya sistem imunitas (daya tahan) tubuh orang yang terinfeksi tersebut. Bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah atau mempunyai masalah kesehatan karena penyakit kronis lainnya, kemungkinan besar akan mengalami gejala yang lebih berat bahkan pada kematian

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh (Imunitas) Dengan Obat Herbal Alami Cina

Seperti yang kita ketahui, tubuh kita memiliki antibodi alamiah ketika bakteri, virus, atau benda asing masuk ke dalam tubuh kita. Sistem imun atau sistem kekebalan yaitu bentuk pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, imunitas tubuh harus dijaga sebaik mungkin agar tidak mudah terserang penyakit, terlebih di masa mewabahnya virus Covid-19 saat ini.

cara pencegahan virus corona atau virus covid-19 dengan obat herbal alami cina
Sumber: Pemkot Malang

Beberapa cara untuk meningkatkan imunitas (daya tahan) tubuh, di antaranya adalah menerapkan pola hidup sehat (berjemur di pagi hari, istirahat yang cukup, olah raga, dan mengonsumsi makanan bergizi), menjalankan protokol kesehatan, manajemen stress hingga mengonsumsi obat herbal alami tertentu agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Obat herbal Cina sejak 2000 SM terkenal akan kemujarabannya. Beberapa konsep terapi herbal menurut pengobatan Cina kuno, di antaranya adalah:

  1. Han Fa (diaporesis), mengeluarkan keringat dan erupsi kulit untuk mengeluarkan patogen lembap di eksternal;
  2. Tu fa (emesis), menginduksi muntah untuk mengeluarkan patogen dahak dan ludah yang secara kronik tertimbun dalam tenggorokan atau rongga dada;
  3. Xia Fa (purgative), merangsang defekasi untuk menghilangkan patogen panas, kering, stagnasi darah, patogen dingin;
  4. He Fa (mediasi), meregulasi keseimbangan yin-yang, menghilangkan patogen yang terletak di tengah;
  5. Wen Fa, menghangatkan, mengatasi penyakit akibat patogen dingin yg dapat menyerang berbagai organ;
  6.  Qing Fa (membersihkan panas), yang menyerang Qi, Ying, Darah, membuang racun, defisiensi yin;
  7.  Xiao Fa (eliminasi), memacu pencernaan, menghilangkan stagnasi, memecah massa, menghilangkan gumpalan akibat akumulasi Qi, darah, dahak;
  8. Bu fa (tonifikasi), menguatkan Qi, darah, Yin, Yang.

Semua metode pengobatan Cina, baik akupuntur, pengunaan obat herbal, dsb. mengacu pada falsafah “Yin Yang Wu Xing” yang berarti keseimbangan antara lima elemen alam. Kini di ilmu kedokteran modern dikenal dengan sistem Adaptogen atau adaptogen system.

Sistem adaptogen merupakan adapatasi terhadap sel genetik tubuh sehingga menjadi simplisia yang berfungsi menormalisasi fungsi organ, enzim serta sel dalam tubuh tanpa efek samping. Simplisia terbaik inilah yang diterapkan dalam pengobatan tradisional Cina sejak ribuan tahun lalu sampai saat ini.

Menurut penelitian, sistem adaptogen terbentuk karena kandungan mineral germanium dan polisakarida dalam tanaman herbal. Germanium berfungsi untuk menormalisasi fungsi organ-organ tubuh serta menjaga keseimbangan enzim dalam tubuh.Sedangkan mineral polisakarida berfungsi untuk menormalisasi sel dalam tubuh sehingga terjadi keseimbangan fungsi antara organ, enzim, dan sel.

Keseimbangan ini akan akan meningkat sistem imunitas (daya tahan) tubuh sehingga bisa menangkal kuman, virus, dan bakteri dan juga menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis.

Beberapa obat herbal alami Cina yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, di antaranya Chang Sheuw Tian Ran Ling Yao dan Ling Shen Yao. Sediaan obat berupa kapsul atau serbuknya merupakan simplisa (ekstrak) dari tanaman Ophiogon Japonicus, Pseudo Ginseng Radix ekstrak, Ligustium Wallichii Fr.Esktrak, dan Atractylodes Macrocephala Rizhoma. Dengan kemasannya berupa kapsul, takaran obat ini telah disttandarisasi dan mudah dikonsumsi penggunanya.

Sembuh Dari Penyakit Mirip Corona

Kasus penyakit mirip Corona pernah menimpa Antonius Anggi Darmawan, sewaktu ia sekolah di bangku 1 SMP. Pada suatu malam, Anggi mendadak muntah-muntah, lidahnya berwarna putih, kaki-tangannya lemah sampai akhirnya mengalami lumpuh total.

anggi darmawan menderita penyakit mirip corona yaitu Acute Inflammatory Idiopathic Polyneuropathy (AIIP) atau yang bisa juga disebut sebagai Acute Inflammatory Demyelinating Polyneuropathy (AIDP)

Menurut dokter, Anggi terkena Penyakit langka Guillain Barre Syndrome (GBS) atau dikenal dengan Acute Inflammatory Idiopathic Polyneuropathy (AIIP) atau yang bisa juga disebut sebagai Acute Inflammatory Demyelinating Polyneuropathy (AIDP) adalah gangguan sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf perifer.

Akibat penyakit ini, saluran pernafasan Anggi, menggumpal dahak yang kental sehingga membuatnya sulit bernafas. Untuk mengeluarkan dahak tersebut, dokter menyedot dengan slang khusus lewat mulut. Namun, akibat berhari-hari dahaknya disedot melalui mulut, menyebabkan saluran rongga mulut Anggi terkena infeksi sehingga dokter membuat saluran baru melalui lubang di lehernya.

Karena kondisi kesehatannya yang terus menurun, secara tidak langsung dokter mulai angkat tangan hingga dokter mengatakan, bahwa penyakit yang diderita Anggi belum ada obatnya. Sampai akhirnya bapaknya Anggi berinisiatif memberikan obat herbal alami Cina.

Setelah mengonsumsi obat herbal alami Cina, daya tahan tubuh Anggi berangsur mulai meningkat. Sebelumnya ia tidak bisa pipis dan buang air besar, tetapi sekitar pukul empat pagi mulai bisa pipis berwarna kecoklatan dalam jumlah yang banyak.

Dua hari kemudian, kondisi Anggi kian membaik. Dahaknya yang semula memenuhi tenggorokannya mulai berkurang, nafasnya pun mulai normal dan slang pengisap dahak sudah bisa dicabut.

Sejak itulah, Anggi hanya diberi obat herbal Cina. “Dalam 10 hari terlihat perubahan drastis. Anggi sudah mulai bisa menangis, mulai bicara, mulai minta minum, makan dan sebagainya. Seiring itu pula, dari hari ke hari, kondisinya makin membaik, bisa duduk sendiri, berjalan pelan dan sebulan sejak makan serbuk itu, Anggi bisa berjalan tanpa bantuan kursi roda,” papar ibunya, Nani Kusnawan.

Kisah Anggi Darmawan ini dipublikasikan oleh Majalah Kartini No.2064 Edisi 27 Juni s.d. 11 Juli 2002 dan ditayangkan di Pratama Creative TV. (Noor)

 

Tags

Admin

Admin Jejak Digital Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close