AdsKesehatan
Trending

Khasiat Adaptogenik Pada Obat Herbal Cina

Berbicara mengenai obat herbal klasik atau obat herbal kuno, maka tak akan terlepas dengan dunia pengobatan tradisional Tiongkok. Jejak sejarah mencatat, 2500 SM, selain menggunakan teknik akupuntur, moksibusi, pemijatan tui na, bekam. Selain itu, tabib-tabib Cina telah menggunakan obat herbal sebagai pengobatan bagi orang-orang yang sakit.

Salah satu manuskrip paling kuno mengenai pengobatan kuno Cina ditemukan dari abad ke-3 SM, yaitu Huangdi Neijing (The Yellow Emperor’s Inner Classic). Dalam manuskrip klasik ini disebutkan, “Yin/Yang adalah jalan langit dan bumi, prinsip agung dan garis besar dari segalanya, induk dari perubahan, akar dan sumber kehidupan dan kematian, istana para dewa. Pengobatan penyakit harus didasarkan pada akar Yin/Yang. ”

manuskrip pengobatan cina dari era Dinasti Han (206 SM–220 M)

Salah seorang ahli akupuntur dari Element Healing Arts, Amerika Serikat yang bernama  Christina Morris mengatakan masalah kesehatan pada dasarnya muncul karena ketidakkeseimbangan energi dalam tubuh yang disebut dengan qi.

Menurutnya Qi mengalir melalui jalur yang disebut meridian. Jalur ini berhubungan dengan sejumlah organ tubuh penting. Akibat ketidakseimbangan energi menyebabkan aliran qi terhambat yang berakibat muncul berbagai macam penyakit.

Yin Yang Wu Xing

Filosofis pengobatan Tiongkok ini dikenal dengan istilah Yin Yang Wu Xing. Yin dan Yang mendeskripsikan sifat yang saling berhubungan, berlawanan, dan saling mengisi satu sama lain. Yin dideskripsikan kepada sisi hitam dan Yang adalah sisi putih, sebuah sisi warna yang berlawanan. Titik kecil hitam dan putih yang berada pada Yin dan Yang menggambarkan sisi yang saling mengisi satu dan lainnya.

Kedua sisi ini saling berbeda, tetapi saling membutuhkan, tidak ada yg sempurna, berubah setelah mencapai puncak, sedangkan symbol bulat berarti dinamis yang tiada berawal dan berakhir.

Sedangkan Wu Xing berhubungan dengan lima elemen alam, yaitu logam kayu, api, air, dan tanah. Loga melambangkan dari paru-paru, kayu lambing dari hati, air mewakili dari ginjal, api mewakili jantung, dan tanah mewakili dari limpa kecil.

kanker sembuh alami dengan obat kanker daun teratai
Lima Elemen Alam (Wuxing). Sumber: obatherbalkanker.online

Dengan menyelaraskan kelima elemen ini maka elemen alam tersebut akan menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Pada dasarnya, filosofi ini menjadi skema konseptual yang terdiri dari lima bagian dan bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan.

Walaupun obat tradisional sudah berabad-abad digunakan di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Namun demikian, dunia medis modern memandang obat tradisional hanya sebagai pelengkap dari layanan terapi medis utama.

Metode Terapi Herbal Cina

Dalam pengobatan tradisional Cina atau Tradistional Chinese Medicine dikenal dengan berbagai macam metode terapi herbal, di antaranya adalah:

  • Han Fa (diaporesis), mengeluarkan keringat dan erupsi kulit untuk mengeluarkan patogen lembab di external;
  • Tu fa (emesis), menginduksi muntah untuk mengeluarkan patogen dahak dan ludah yang secara kronik tertimbun dalam tenggorokan atau rongga dada;
  • Xia Fa (purgative), merangsang defekasi untuk menghilangkan patogen panas, kering, stagnasi darah, patogen dingin;
  • He Fa (mediasi), meregulasi keseimbangan yin-yang, menghilangkan patogen yang terletak di tengah;
  • Wen Fa, menghangatkan, mengatasi penyakit akibat patogen dingin yg dapat menyerang berbagai organ;
  • Qing Fa (membersihkan panas), yang menyerang Qi, Ying, Darah, membuang racun, defisiensi yin;
  • Xiao Fa (eliminasi), memacu pencernaan, menghilangkan stagnasi, memecah massa, menghilangkan gumpalan akibat akumulasi Qi, darah, dahak;
  • Bu fa (tonifikasi), menguatkan Qi, darah, Yin, Yang

Kandungan Tumbuhan Adaptogenik Untuk Pengobatan Penyakit Kronis dan Akut

Kelebihan obat herbal Cina dibandingkan obat herbal atau obat kimia, salah satunya karena memiliki sistem kerja adaptogen dalam tubuh. Obat herbal Cina mampu merespons segala reaksi stres dengan menjaga keseimbangan hormon yang dihasilkan dari kelenjar hipotalamus, kelenjar hipofisis, dan kelenjar adrenal. Dengan adanya zat adaptogenik, tubuh akan mencegah sel-sel rusak akibat radikal bebas.

Efek stres bisa menyebabkan perubahan fisik yang berbahaya dalam tubuh, seperti melukai organ dalam sistem saraf, sistem endokrin (hormon), sistem kekebalan tubuh. Kandungan adaptogenik inilah yang memiliki sifat stimulan yang dapat membantu melawan efek berbahaya tersebut.

sistem adaptogen obat herbal dalam tubuh
Mekanisme kerja adaptogen dalam tubuh (Sumber: Researchgate.net)

Hasil peneilitian menunjukan secara zat, adaptogen dalam tanaman herbal mengandung mineral mineral germanium dan polisakarida. Mineral germanium berkhasiat untuk menormalisasi fungsi organ organ tubuh serta keseimbangan seluruh enzim dalam tubuh dan polisakarida berkhasiat untuk menormalisasi sel dalam tubuh. Ketika terjadi keseimbangan antara fungsi organ, enzim, dan sel, maka imun tubuh akan meningkat dan dapat menyembuhkan penyakit atau menangkal penyakit.

Dalam sebuah tulisan daring di healthline.com, Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT menyatakan: “One study review (National Institutes of Health) found that adaptogens really can be used to promote health for general well-being and when used as a supplement with other traditional medications for specific conditions and health problems. They’ve been shown to help people with cardiovascular health and certain neurological disorders, especially ones that may happen more frequently as individuals age.” Menurutnya sistem adaptogen dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan bisa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Masih dalam situs yang sama, ia menyatakan pula: “Adaptogens aren’t a new concept. They’ve been studied throughout history as a way to improve the body’s ability to respond to stress, increase energy and attention, and fight off fatigue. New research is looking at how adaptogens may be helpful in treating chronic diseases, like respiratory and heart conditions.” Menurutnya adaptogen bukanlah konsep baru dan telah dipelajari sepanjang sejarah dan penelitian terbaru menunjukan herbal adaptogenik membantu dalam mengobati penyakit kronis dan akut.

Menurut praktisi obat herbal Cina kuno, Yudi Yopi Mesa, direktur PT Daun Teratai mengatakan, “Rahasia kemujaraban obat herbal Cina terletak pada khasiat ramuannya yang dapat menjaga keseimbangan fungsi organ tubuh. Dalam istilah medis dikenal dengan sistem adaptogen yang merupakan singkatan dari adapatasi terhadap sel genetik tubuh. Jadi, simplisia (ekstrak) yang dapat berfungsi menormalisasi fungsi organ tubuh, enzim serta sel dalam tubuh tanpa memberikan efek samping walau dimakan dalam jumlah banyak. Obat herbal yang memiliki sistem adaptogen dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, walaupun menurut ilmu kedokteran atau secara logis bisa dikatakan tidak masuk akal!”

Obat herbal yang memiliki zat adaptogenik dapat digunakan untuk terapi pengobatan berbagai macam jenis penyakit kronis dan akut, seperti tumor, diabetes, hepatitis, miom, kista, infeksi, dan endometriosis.

Demikian pula untuk pengobatan penyakit mematikan nomor dua di dunia, yaitu kanker. Secara definisi kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Sel tersebut akan memperbanyak diri dan menyebar (metastasis) sehingga jumlah yang sudah tak bisa dikendalikan lagi. Perubahan inilah yang bisa memicu munculnya sel kanker.

Obat herbal kanker Cina dapat menormalisasi metabolisme tubuh, meningkatkan imunitas tubuh penderita sehingga dapat mencegah faktor patogen (faktor penyebab penyakit), selain itu melancarkan sirkulasi darah guna mencegah timbulnya radikal bebas yang diakibatkan kekurangan antioksidan. Hal ini bisa dibuktikan secara empiris dan uji ilmiah.

Penulis: AF

——————————-

obat kanker cina dengan sistem adaptogen dan super adaptogenic herbs

Tags

Admin

Admin Jejak Digital Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close