pengguna internet indonesia jejak digital

Jumlah pengguna Internet di Indonesia

Jumlah pengguna Internet di Indonesia tak bisa dipungkiri, era sekarang adalah era revolusi teknologi informasi. Pengaruh
globalisasi menembus batas sekat wilayah maupun negara. Jumlah pengguna internet diseluruh dunia telah meningkat secara drastis walaupun . Menurut data terbaru yang dirilis We Are Social per Juni 2017, jumlah pengguna internet global kini menyentuh angka 3,811 miliar dengan penetrasi 51 persen dari total populasi di dunia.

pengguna internet dunia jejak digital

Menurut keterangan resminya, 67% pengguna internet atau sekitar 5,007 miliar mengakses internet melalui perangkat mobile, seperti smart phone, sedangkan sisanya melalui desktop dan perangkat lainnya. Pengguna internet di Indonesia pun kian hari semakin bertambah. Hasil survei APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016, jumlah pengguna internet Indonesia kini menyentuh angka 132,7 juta dengan penetrasi 51 persen dari total penduduk Indonesia.

Jumlah pengguna Internet di Indonesia didominasi di Pulau Jawa

Dari jumlah tersebut, pengguna internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total
pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total pengguna Internet. Jika dibandingkan pengguna Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta user, maka terjadi kenaikan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 – 2016).
Adapun media yang digunakan pengguna internet Indonesia, 47,6% atau sekitar 63,1 juta orang mengakses internet melalui perangkat mobile, seperti smart phone, sedangkan sisanya melalui mobile dan komputer (50,7%) dan komputer saja (1,7%).
Dengan semakin meluasnya dan mudahnya untuk mengakses internet, berdampak besar dan memengaruhi banyak faktor. Bukan saja di bidang e-government, e-commerce, e-media, dan e-banking. Internet memiliki dampak besar terhadap cara dan gaya hidup (life style) masyarakat, seperti cara berbelanja, bersosialisasi, dan menggali informasi.

pengguna internet indonesia jejak digital

 

Sebagai gambaran, menurut hasil survey We Are Social, pada tahun 2016, masyarakat lebih banyak meluangkan waktu menggunakan media PC (4 jam 42 menit) dan HP (3 jam 33 menit) dibandingkan menonton televisi yang hanya memakan waktu 2 jam 22 menit. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *